PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MODEL JARINGAN TEMA (WEBBED MODEL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SEI AGUL MEDAN T.P 2012/2013

Rambe, Elvida Handayani (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MODEL JARINGAN TEMA (WEBBED MODEL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SEI AGUL MEDAN T.P 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106182007 Judul.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106182007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106182007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106182007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106182007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106182007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106182007 Bab I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106182007 Bab V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106182007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106182007 Lampiran.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Jaringan Tema (Webbed Model) bagi siswa pada Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yang meliputi 3 aspek utama: substantif, prosedur dan teoretis - empiris. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pengembangan perangkat, dan tahap kedua adalah tahap pembelajaran nyata. Tahap Pengembangan Perangkat terdiri dari: Analisis Awal (analisis tujuan, analisis kebutuhan guru, analisis tugas, analisis isi, penyusunan instrumen validasi), Validasi Ahli. Tahap Pembelajaran Nyata terdiri dari: Uji coba, Refleksi dan Revisi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Analisis data validitas Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) Analisis data hasil belajar siswa.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Unggulan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 orang, serta siswa kelas I Reguler yang berjumlah 31 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran tematik dengan tema ”pengalaman”, sub tema ”pengalaman yang menyenangkan”, serta web materi pokok ”pesta ulang tahun” mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada tes awal siswa kelas 1 Reguler sebesar ≥ 70% sebanyak 23 siswa atau 74,19%. sedangkan tes awal siswa kelas 1 Unggulan sebanyak 21 siswa atau 77,77%. Setelah tes awal maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan menggunakan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil tes akhir yang diperoleh adalah siswa kelas I Reguler sebanyak 30 siswa atau 96,77%, dan siswa kelas 1 Unggulan sebanyak 26 siswa atau 96,29% telah mencapai KKM tema lingkungan sebesar ≥ 70%. Dari hasil ini terjadi peningkatan untuk kelas I Reguler sebesar 22,58%, sedangkan kelas 1 Unggulan sebesar 18,52%. Untuk kevalidan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil validasi yang dilakukan 1 orang pakar dan 2 orang guru kelas 1 maka silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran tergolong baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Denny196803081993031003
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 375.001 Ram p
Keywords: Konkrit; Integratif; Hierarkis; Silabus; Pembelajaran tematik; Webbed model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item View Item