Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi berbantuan Lagu-Lagu Religius pada Siswa MTs PGA Proyek Univa Medan

Anisa, Hainur (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi berbantuan Lagu-Lagu Religius pada Siswa MTs PGA Proyek Univa Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8176192013 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8176192013 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8176192013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.. NIM 8176192013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8176192013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8176192013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8176192013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8176192013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8176192013 BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8176192013 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8176192013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan modul memungkinkan seseorang peserta didik yang memiliki kecepatan tinggi dalam belajar akan lebih cepat menyelesaikan satu atau lebih kompetensi dasar dibandingkan dengan peserta didik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyusunan modul pembelajaran menulis puisi berbantuan lagu-lagu religius pada siswa kelas VII MTs PGA Proyek Univa Medan;mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap modul pembelajaran dan mengetahui hasil uji coba modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Analisi dilakukan dengan menentukan karakteristik kehendak siswa dan guru dengan cara menentukan persentase jawaban setiap pertanyaan/pernyataan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul pembelajaran menulis puisi berbantuan lagu-lagu religius pada teks puisi rakyat dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: Tahap I studi pendahuluan, Tahap II Pengembangan Produk Awal, Tahap III Validasi Modul Penelitian, Tahap IV Revisi Produk Awal, Tahap V Uji Coba Modul, dan Tahap VI Uji Efektivitas Produk.; (2) persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil terhadap kelayakan isi adalah 93,38%; kelayakan penyajian memiliki rata-rata 97,125; kelayakan bahasa memiliki rata-rata 94,23%; dan aspek muatan karakter memiliki rata-rata 96,87%; keempat komponen tersebut berada pada kategori “sangat baik”. Presentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli desain menyatakan bahwa modul yang dikembangkan yakni dengan presentase kesesuaian ukuran modul 100%, desain sampul modul 81,94%, dan desain isi modul 91,81%. Hasil respon guru terhadap modul pembelajaran memiliki total presentase rata-rata 89,58% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon siswa untuk penerapan modul pembelajaran memiliki total presentase dengan kriteria “sangat baik”; dan (3) keefektifan produk modul pembelajaran berbantuan lagu-lagu religius diperoleh presentase rata-rata pretest 66,75% dan rata-rata posttest 91,00%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi puisi rakyat dengan menggunakan modul pembelajaran berbantuan lagu-lagu religius lebih tinggi dengan selisih presentase pretest dan posttest sebesar 24,25%. Hal ini membuktikan jika modul menulis puisi rakyat berbantuan lagu-lagu religius lebih efektif serta layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnsari, Khairilnidn0010096306
Thesis advisorSolin, Mutsyuhitonidn0006105807
Call Number: 808.107 2 Ani p
Keywords: lagu religius; menulis; modul; pengembangan; puisi rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Mar 2020 03:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39005

Actions (login required)

View Item View Item