Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di MAN Labuhanbatu

, Nurmanita (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di MAN Labuhanbatu. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176172038 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176172038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176172038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176172038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176172038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176172038 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176172038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176172038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176172038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176172038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan validitas, kepraktisan dan efektivitas serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa MAN Labuhanbatu dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan Geogebra yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Reseach and Development), dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, buku guru, buku siswa, LKPD dan instrument tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 2 dan uji coba II dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 1 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,42, buku guru sebesar 4,39, buku siswa sebesar 4,41 dan LKPD sebesar 4,38 serta tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa telah berada pada kategori valid; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis untuk digunakan dalam pembelajaran yang ditinjau dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan baik dan dapat digunakan, guru mata pelajaran dan siswa mengatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal yang mencapai 88,89%, ketercapain tujuan pembelajaran, waktu yang digunakan dalam penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tidak melebihi waktu pembelajaran biasa dan respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; (4) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada uji coba I sebesar 77,91 dan pada uji coba II sebesar 86,07. Selanjutnya, dilihat dari N-Gain pada uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan yaitu dari 0,4 menjadi 0,6 artinya berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Pargaulannidn0019105401
Thesis advisorSitompul, Pardomuannidn0026116907
Call Number: 510.072 Nur p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model Problem Based Learning berbantuan Geogebra; kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38996

Actions (login required)

View Item View Item