Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Arwira, Tiara Mahdalena (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176182053 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176182053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176182053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176182053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176182053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176182053 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176182053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176182053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176182053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176182053 CAHPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176182053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan macromedia flash lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah, apakah terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Lab. UINSU Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan anava dua jalur pada program SPSS 14.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (sig. = 0,03 < 0,05), Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah (sig. = 0,000 < 0,05), Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (sig. = 0,02 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwinidn0026016602
Thesis advisorSaragi, Daulatnidn0007116404
Call Number: 372 Arw p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Macromedia Flash; Motivasi; Pencemaran Lingkungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 11:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38922

Actions (login required)

View Item View Item