PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL) MATERI TATAK TINTOA SERSER PADA SISWA X SMK TELKOM MEDAN

MENTARI, INDAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL) MATERI TATAK TINTOA SERSER PADA SISWA X SMK TELKOM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2143340019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2143340019 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2143340019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2143340019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2143340019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2143340019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2143340019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2143340019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2143340019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2143340019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2143340019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2143340019 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2143340019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2143340019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2143340019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2143340019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2143340019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2143340019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2143340019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2143340019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2143340019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2143340019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran Tatak Tintoa Serser dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual) berdasarkan KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi diserta KD 4.1 yaitu memeragarakan gerak tari tradisional berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai dengan hitungan/ketukan. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Menurut Shoimin (2016:177) istilah SAVI kependekan dari : Somatis (belajara dengan berbuat dengan bergerak) bermakna gerakkan tubuh (hands-on,aktivitas fisik), yakni belajar dengan mengalami dan melakukan. Audiotory (belajar dengan berbicara dan mendengar) bermakna bahwa belajar haruslah melalui mendengar, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menanggapin. Visual (belajar dengan mengamati dan menggambarkan) bermakna belajar haruslah mengunakan indra penglihatan melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, mengunakan media dan alat peraga. Intelektual (belajar dengan memecahkan masalah dan berfikir) bermakna bahwa belajar haruslah mengunakan kemampuan berfikir (mainds-on). Belajar haruslah dengan konsentrasi, fikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidikin, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah dan menerapkannya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan mengggunakan rumus uji t. Sampel pada penelitian terdiri dari satu kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X TKJ 4 SMK TELKOM MEDAN. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif atau praktek yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda (multipel Choise). Hasil pretest dengan diperolah rata-rata 58,43 sedangkan hasil postest) diperoleh nilai rata-rata 80,15 menggunakan uji t hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual) thitung > ttabel yaitu 9,93 > 1,670 maka hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 TARI 011
Keywords: TATK TINTOA SERSER, SAVI (SOMATI, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:43
Last Modified: 17 Feb 2020 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38377

Actions (login required)

View Item
View Item