PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN TP. 2019/2020

M, REZA KRISTIAN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL DI SMKN 1 PERCUT SEI TUAN TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5151131042 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5151131042 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5151131042 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5151131042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5151131042 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5151131042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5151131042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5151131042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5151131042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5151131042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5151131042 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5151131042 TABLES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5151131042 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5151131042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5151131042 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5151131042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5151131042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5151131042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5151131042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5151131042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5151131042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5151131042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model Creative Problem Solving mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik 1 fasa di kelas XI smester ganjil Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan di kelas XI SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020, yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar smester ganjil pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Lisrik. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (Kelas Eksperimen) adalah sebesar 23,2. Sedangkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori (Kelas Kontrol) diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 19,2. Dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat dilakukan dengan menggunakan model Creative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 ELK 007
Keywords: Model Creative Problem Solving, Ekspositori, Hasil Belajar, Kompetensi Dasar Memahami Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 10:49
Last Modified: 27 Feb 2020 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37987

Actions (login required)

View Item
View Item