IDENTIFIKASI MISKONSEPSI GURU IPA BIOLOGI DAN SISWA SMP SE-KECAMATAN MEDAN KOTA PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS

Tambunan, Efrida Pima Sari (2011) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI GURU IPA BIOLOGI DAN SISWA SMP SE-KECAMATAN MEDAN KOTA PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809735004 Judul.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809735004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809735004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809735004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809735004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809735004 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809735004 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809735004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809735004 Bab I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809735004 Bab V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809735004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya miskonsepsi guru IPA Biologi dan siswa SMP Se-Kecamatan Medan Kota, mengetahui konsep manakah dalam materi pokok fotosintesis yang sering terjadi miskonsepsi terhadap guru IPA Biologi, dan mengetahui konsep manakah dalam materi pokok fotosintesis yang sering terjadi miskonsepsi terhadap siswa SMP Se-Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Se-Kecamatan Medan Kota yang terdiri dari 15 sekolah pada bulan Juli - September 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 guru IPA Biologi dan 2130 siswa. Sampel yang digunakan adalah 32 guru dan 1721 siswa. Konsep yang diujikan sebanyak 6 konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test diagnostik dua dimensi yang terlebih dahulu divalidasikan kepada validator. Saat menjawab tes untuk siswa, guru dan peneliti berada dalam ruangan kelas dan untuk guru dikerjakan pada ruangan guru, agar pada saat guru dan siswa tidak mengerti akan tes dapat bertanya pada peneliti, waktu yang diberikan untuk menjawab keseluruhan tes adalah 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat miskonsepsi pada guru IPA Biologi, namun terdapat miskonsepsi pada siswa SMP terhadap materi fotosintesis; tidak terdapat miskonsepsi pada guru IPA Biologi pada SMP Se-Kecamatan Medan Kota pada seluruh konsep fotosintesis; terdapat miskonsepsi pada siswa SMP Se-Kecamatan Medan Kota pada konsep fotosintesis yaitu konsep pengertian fotosintesis, konsep percobaan fotosintesis, konsep bagian daun yang berperan dalam fotosintesis, dan konsep proses fotosintesis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 572.460 71 Tam i
Keywords: Biologi; Miskonsepsi; Konstruktivisme; Pelajaran IPA; Guru; Siswa; Metode mengajar; Ceramah; Diskusi; Metode demonstrasi; Metode eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item