PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIN PADA POKOK BAHASAN PECAHAN

Siregar, Sakinah Ubudiyah (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIN PADA POKOK BAHASAN PECAHAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809171040 Judul.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809171040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809171040 Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809171040 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809171040 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809171040 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809171040 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809171040 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809171040 Bab I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809171040 Bab V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809171040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui validitas perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah siswa MIN. (2) Mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari guru dan siswa, dan (3) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah MIN.Jenis pengembangan yang dilakukan pengembangan model 4-D (Four D Model ) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefenisian (define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis masalah dibatasi pada rencana pelaksana pembelajaran (RPP), buku siswa, buku guru, LAS dan tes kemampuan belajar.Ujicoba dilakukan pada siswa kelas V MIN Sunggal dan MIN Petisah. Sampel diambil dari kelas V sebanyak. 30. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistic deskriptif dan statistik kuantitatif dengan uji t. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Chi Square untuk uji homogenitas. Reliabilitas pre tes Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) = 0, 724 dan reliabilitas pos tes = 0,574 ternyata lebih besar dari rtabe1 = 0,320, maka tes yang diuji coba reliabel.Hasil pensujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah siswa valid. Dapat dilihat dari hasil validasi validator: Rata-rata total Rencana pelaksana pembelajaran = 4,57. Dan reliabilitas = 0,82. Rata- rata total buku siswa = 4,66. Dan reliabilitas = 0,71. Rata- rata total buku guru = 4,65. Dan reliabilitas = 0, 78. Dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah untuk pre tes dengan penilaian rata-rata total = 4,56. Dan reliabilitas = 0,94. Tes Kemampuan Pemecahan Masalah untuk pre tes dengan penilaian rata- rata total = 4,64. Dan reliabilitas = 0,89. Hasil penelitian menyimpulkan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah siswa memenuhi persyaratan validitas. (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari guru dan siswa. dapat dilihat dari komponen-komponen: (a) Tes kemampuan pemecahan masalah lebih dari 80% mencapai KKM; (b) aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kriteria batasan keefektifan dan (d) respon siswa berada diatas 80%. (3) Kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan yang ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig (2~tailed)) = 0,000 (harga p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorPanjaitan, Asmin195708041985031002
Call Number: 510.071 Sir p
Keywords: Matematika; Guru; Siswa; Pecahan; Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item