PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI

Daulay, Wahyuni Syafitri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123142043 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123142043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123142043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123142043 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123142043 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123142043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123142043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5123142043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (3) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Sampel kelas terdiri dua kelas yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 orang dan kelas X-3 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 46,67 persen termasuk kategori cenderung cukup. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 43,33 persen termasuk kategori cenderung kurang. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal, dengan nilai kelas yang menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 9,2 < Xtabel = 11,07), kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 10,25 <Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_(hitung )>〖 t〗_(tabel )(4,246>1,671). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Dasar Boga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Dra. Adikahriani, M. SiNIDN0006096304
Thesis advisorFridiarty, Dra. LelyNIDN0025036513
Call Number: SK-2017 BOGA 056
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37661

Actions (login required)

View Item View Item