PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP METHODIST PELITA KASIH T.A 2019/2020

PASARIBU, ELISABET (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP METHODIST PELITA KASIH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4151111022 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4151111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4151111022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4151111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4151111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4151111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4151111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4151111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4151111022 BAB I.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4151111022 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4151111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelass VIII SMP Methodist Pelita Kasih melalui model problem based learning berbantuan geogebra. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa setelah diterapkan model problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Methodist Pelita Kasih pada semester ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 23 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan GeoGebra pada materi sistem koordinat kartesius. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 20,39 dengan 50,98% dari 23 siswa telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat pada siklus II sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 25,87 dengan 86,23% dari 23 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. (2) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam memecahkan masalah matematis lebih baik pada siklus II di setiap aspek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Nurlianinidn0005036208
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 MAT 002
Keywords: Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37568

Actions (login required)

View Item View Item