PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MATLAB

Siregar, Hanifan Nursyah Fitri (2019) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MATLAB. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8176172021 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8176172021 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8176172021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8176172021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8176172021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8176172021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8176172021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8176172021 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 8176172021 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8176172021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diberi model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab, (2) Apakah terdapat perbedaan kedisiplinan belajar matematika antara siswa yang diberi model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) di Berbantuan Matlab, (3) Apakah terdapat perbedaan proses penyelesaian jawaban siswa saat menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematika setelah memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Eria Medan. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas Eksperimen I diberikan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Instrumen yang digunakan terdiri dari: Tes kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan angket kedisiplinan belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan Analisis Kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diberi model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab, (2) Terdapat perbedaan kedisiplinan belajar matematika antara siswa yang diberi model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) di Berbantuan Matlab, (3) Terdapat perbedaan proses penyelesaian jawaban siswa saat menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematika setelah memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Thesis advisorSinaga, Bornol1965091019910201001
Call Number: 510 Sir p
Keywords: Hasil Baelajar; Kkedisiplinan; Matlab; TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37282

Actions (login required)

View Item View Item