PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER

Isnaini, Ahmad (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176172004 COVER.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176172004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176172004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176172004 TABLES.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176172004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176172004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176172004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176172004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis dan Self Confidence siswa antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran Discovery Learning jika ditinjau dari gender. Analisis data hasil penelitian menggunakan Anava dua jalur untuk melihat pengaruh Gender dan Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa. Setelah ditemukan pengaruh Gender dan Model pembelajaran, dilakukan uji lanjut pasca Anava menggunakan metode Scheffe’. Hasil yang diperoleh antara lain sebagai berikut: Terdapat pengaruh Gender terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa, terdapat pengaruh Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa, tidak terdapat interaksi antara Gender dan Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa. Dengan uji lanjut pasca Anava dengan metode Scheffe’, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara model Creative Problem Solving dengan model Discovery Learning. Siswa lelaki memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih baik dari siswa perempuan dan model pembelajaran Discovery Learning memberikan hasil kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih baik dari pada model Creative Problem Solving. Hasil lain dengan uji lanjut pasca Anava dengan metode Scheffe’, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan Self Confidence antara model Creative Problem Solving dengan model Discovery Learning. Siswa perempuan memiliki Self Confidence yang lebih baik dari siswa lelaki dan model pembelajaran Creative Problem Solving memberikan hasil Self Confidence yang lebih baik dari pada model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031003
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Call Number: 510 Isn p
Keywords: Creative Problem Solving, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif, Self Confidence
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37281

Actions (login required)

View Item View Item