PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tarigan, Monica Agita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8176182035 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8176182035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8176182035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8176182035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8176182035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8176182035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8176182035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8176182035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8176182035 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8176182035 BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8176182035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif; dan interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 040444 Kabanjahe, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 35 orang dan siswa kelas V-B sebanyak 35 orang. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dan angket interaksi sosial. Analisis data menggunakan anava dua jalur dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dan Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 82.26 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori sebesar 77, hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif memiliki rata-rata sebesar 89.49 dan hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif rata-rata 88.2, dan terdapat interaksi sosial antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin-angin, Bungana198010152008012010
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.2 Tar p
Keywords: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Interaksi Sosial, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37279

Actions (login required)

View Item View Item