Nasution, Rizki Fadila (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERKATIF PADA PEMBELAJARAN TEKS ESKPOSISI DI SMP SWASTA DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176192037 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. 8176192037 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. 8176192037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. 8176192037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. 8176192037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. 8176192037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 8176192037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 8176192037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. 8176192037 BAB I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. 8176192037 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. 8176192037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa
multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran teks eksposisi.
Pengembangan produk dirancang dan didesain menggunakan software Adobe
Flash CS5 Professional. Langkah-langkah pengembangan multimedia adalah
sebagai berikut: : (1) Decide (penetapan), (2) Design (desain produk), (3)
Develope pengembangan produk, (4) Evaluate (uji Produk). Untuk mendapatkan
keabsahan data diperlukan validasi ahli media dan materi. Setelah dilakukan
validasi oleh kedua ahli media, materi, dan uji praktisi dilakukan uji terbatas
pada 35 siswa kelas VIII SMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Berdasarkan
hasil validasi dan uji coba terhadap produk multimedia interaktif, dapat dilaporkan
sebagai berikut: (1) validasi ahli materi menunjukkan persentase kelayakan
sebesar 86, 3 % dengan katergori sangat baik (2) validasi ahli media menunjukkan
persentase kelayakan sebesar 86,5% dengan katergori sangat baik (4) validasi
guru (praktisi) menunjukkan persentase kelayakan sebesar 90,5% dengan
katergori sangat baik. Perolehan hasil uji coba perorangan dinyatakan “sangat
baik” dengan persentase rata-rata sebesar 83,7%. Perolehan hasil uji coba
kelompok kecil dinyatakan “sangat baik” dengan persentase rata-rata 85,5% dan
perolehan hasil uji coba lapangan terbatas dinyatakan “sangat baik” dengan
persentase rata-rata sebesar 87,3%. Keefektifan produk multimedia interaktif pada
pembelajaran menulis teks eksposisi dilihat dari hasil belajar siswa dalam menulis
teks eksposisi setelah menggunakan media pembelajaran yang telah
dikembangkan berada pada kategori “sangat baik” dengan rata-rata nilai 88,17 dan
rata-rata nilai sebelum menggunakan media pembelajaran teks eksposisi sebesar
67,88 yang berada pada kategori “cukup”. Hal ini membuktikan bahwa hasil
belajar siswa lebih tinggi setelah menggunakan multimedia interaktif pada
pembelajaran menulis teks eksposisi dengan selisih nilai sebesar 20,29.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan produk yang telah dikembangkan telah
layak dan efektif dan dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar dan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410 Nas p |
Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, teks eksposisi, siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 05:13 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37258 |