PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

irfani, Widya (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 8176141012 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 8176141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8176141012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 8176141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 8176141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 8176141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 8176141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 8176141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 8176141012 BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8176141012 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8176141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan yaitu Lectora Inspire sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada media powerpoint, media Lectora Inspire serta media Lectora Inspire dan Video Pembelajaran berbasis ICT, mengetahui hubungan aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada ketiga media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Secanggang. Sampel penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yaitu 3 kelas dengan jumlah siswa 90 orang. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji one-way Anova dan uji bivariate pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang ada di sekolah memperoleh skor rata-rata 2,8 (cukup layak) untuk digunakan pada pembelajaran kimia tapi perlu direvisi dan dikembangkan (2) Media pembelajaran yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,8 (sangat layak) digunakan pada pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada media pembelajaran Powerpoint, Lectora Inspire dan Lectora Inspire dan video pembelajaran berbasis ICT dimana nilai .Sig (0,005) lebih besar dari 0,05 (4) Terdapat hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada ketiga media pembelajaran. Pada kelas eksperimen I (Powerpoint) nilai Sig. (0,024), kelas eksperimen II (Lectora Inspire) dengan nilai Sig. (0,008) dan pada kelas eksperimen III (Lectora Inspire dan Video Pembelajaran berbasis ICT) dengan nilai Sig. (0,000) dimana ketiga nilai Sig. tersebut lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNufajriani, 196709022005022004
Thesis advisorSilaban, Ramlan19600181987031002
Call Number: 540.711 Arf p
Keywords: Media Lectora Inspire, ICT, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Nov 2019 02:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37242

Actions (login required)

View Item View Item