PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA KELAS XI TITL SMK

JULIANI, DINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA KELAS XI TITL SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5151131014 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5151131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5151131014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5151131014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5151131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5151131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5151131014 TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5151131014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5151131014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5151131014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5151131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik siswa kelas XI TITL SMK, penelitian ini jenisnya ialah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk design posttest-only control. Sampel penelitian dilakukan di 2 kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah keseluruhan 60 siswa dan teknik analisis data menggunakan soal pilihan berganda yang telah teruji validitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan reliabilitasnya. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas XI untuk nilai rata-rata 82,5 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 66, hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament siswa kelas XI untuk nilai rata-rata 66,9 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 51, dengan hasil uji homogenitasnya ialah homogen dengan hasil hipotesis di uji-t yaitu bahwa thitung>ttabel (5,84>1,672), sehingga Ha menjadi diterima jadi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Baharuddinnidn0031126647
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 ELK 060
Keywords: MODEL PBM, MODEL TGT, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37098

Actions (login required)

View Item View Item