PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2019/2020

DASOPANG, AHMED DIDIT (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5132131001 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5132131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5132131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5132131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5132131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5132131001 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5132131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5132131001 APPENDCIES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5132131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5132131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5132131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Contexkstual Teaching And Learning (CTL) dengan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan melakukan eksperimen di dalam kelas yang sudah tersedia sebagaimana adanya, dengan tidak melakukan perubahan situasi kelas dan jadwal pembelajaran. Jumlah subjek penelitian 64 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik Kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan berganda yang telah terlebih dahulu di uji validitas, reliabilita, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh. Hasil penelitian di peroleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 85,94 sedangkan kelas kontrol 79,06. Dari hasil penghitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,627 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung > ttabel atau 3,627>1,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas X TITL pada kompetensi dasar Memahami Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, RosnelliNIDN0020106205
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 ELK 063
Keywords: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37020

Actions (login required)

View Item View Item