PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020

, WINDA KHAIRUNNISA (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1153351027_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1153351027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1153351027_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1153351027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1153351027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1153351027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1153351027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1153351027_BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1153351027_BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1153351027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotive therapy terhadap kecerdasan emosional siswa di kelas X SMAN Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3. Penentuan subjek penenelitian ini melakukan wawancara kepada guru BK dan pemberian angket kepada kelas X MIA 3. Dari hasil angket tersebut terlihat dan diseleksi siswa yang mendapat nilai terendah. Maka subjek penelitian terdiri dari 8 orang yang diantaranya ada 7 orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan 1 orang yang memiliki kecerdasan emosional yang sedang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunkan angket kecerdasan emosional yang berjumlahkan 38 item pernyataan yang telah valid. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari data diperoleh J hitung = 17 dengan α= 0,05 dengan n = 8 sehingga nilai J table adalah 4. Karena Jhitung> Jtabel dimana 17 > 4. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan, yang artinya hipotesis diterima. Data pre-test kecerdasan emosional siswa diperoleh rata-rata 111, 25, sedangkan data post-test kecerdasan emosiona diperoleh dengan rata-rata 127,87, artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy lebih tinggi dari pada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy. layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy ini memberikan kontribusi pada kecerdasan emosional siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 9 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMenanti, AsihNIDN0003066006
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BK 063
Keywords: Layanan bimbingan kelompok, Pendekatan rasional emotive therapy, Kecerdasan emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37009

Actions (login required)

View Item View Item