PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE (ENE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

SIBARANI, SAKINATUN NAJMI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE (ENE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2. NIM 5153111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5153111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5153111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5153111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5153111042. TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5153111042. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5153111042. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5153111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5153111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5153111042 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Infomasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan belum optimal dan cenderung rendah karena belum memenuhi standar nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gambar teknik pada siswa kelas X DPIB 2 yang berjumlah 31 orang dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example (ENE). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan disetiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan pada rata-rata ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar 77,42% (24 orang) dan pada siklus II sebesar 93,55% (29 orang). Maka dapat disimpulkan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,13%. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis tindakan diterima, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example mampu meningkatkan hasil belajar gambar teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin-angin, SempurnaNIDN0027125709
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BAN 066
Keywords: Hasil Belajar; Gambar Teknik; Example Non Example (ENE)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37005

Actions (login required)

View Item View Item