PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

SYAHPUTRI, RANI DHEA (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151121054 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151121054 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4151121054 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151121054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151121054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151121054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151121054 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151121054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151121054 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151121054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151121054 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151121054 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4151121054 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4151121054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151121054 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151121054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151121054 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151121054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151121054 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151121054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151121054 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151121054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Modul ini dikembangkan dengan tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi kemudian evaluasi. Instrument yang digunakan yaitu berupa lembar penilaian oleh ahli dan guru, angket respon siswa serta hasil pretest dan posttest siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Swasta Bina Bersaudara yang terdiri dari 2 kelas. Dengan sampel kelas XI IPA yang telah mempelajari materi momentum dan impuls yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ditinjau dari validitas, validitas oleh ahli materi memperoleh hasil persentase 92,16% dalam kriteria sangat baik. Dan validitas oleh ahli mediaa memperoleh hasil persentase 82,51% dalam kriteria baik. (2). Ditinjau dari Uji Kelayakan, uji kelayakan respon guru menunjukkan angka 88,52% yang berarti modul yang digunakan dinyatakan sangat baik dan layak digunakan. Uji kelayakan yang berupa angket respon siswa menunjukkan angka sebesar 83,05% yang artinya modul yang digunakan dinyatakan sangat layak oleh peserta didik tersebut. Dari hasil pretest dan posttest diperoleh nilai n-gain 0,5 dalam kategori sedang. Sesuai dengan ketegori yang diperoleh maka modul ini cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 314
Keywords: Modul; Berbasis Inkuiri Terbimbing; Momentum Dan Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:25
Last Modified: 04 Mar 2020 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36967

Actions (login required)

View Item
View Item