PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL PADA SISWA TEKNIK PERMESINAN KELAS X SMK NEGERI 2 TANJUNG BALAI T.A 2019/2020

RIZQI, MIFTAHUL (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL PADA SISWA TEKNIK PERMESINAN KELAS X SMK NEGERI 2 TANJUNG BALAI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5151121018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5151121018 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5151121018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5151121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5151121018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5151121018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5151121018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5151121018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5151121018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5151121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5151121018  LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5151121018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5151121018 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5151121018 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5151121018 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5151121018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5151121018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5151121018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5151121018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5151121018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5151121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5151121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Konvensional dalam mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X SMK negeri 2 Tanjung Balai T.A 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Permesinan (TP) SMK negeri 2 Tanjung Balai T.A 2019/2020 yang terdiri dari tiga kelas yaitu X TP 1 (30 orang ), X TP 2 (31 orang ), X TP 3 (29 orang ). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar ditemukan 21 soal yang valid dengan realibitas 0.88 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 44.3 dan rata-rata nilai postest sebesar 71.833, sedangkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 33.759 dan nilai rata-rata nilai postest sebesar 64.207. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.11 > 1.6715 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0.05. Hal ini terbukti bahwa Ho ditolak yang berarti Ha diterima atau dapat disimpulkan Hasil belajar dalam pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MSN 103
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STAD; PENGALAMAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:20
Last Modified: 23 Jan 2020 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36813

Actions (login required)

View Item
View Item