PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS MEME COMIC DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X MAS ISLAMIYAH YPI BATANGKUIS

nasution, Tetty Ariyani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS MEME COMIC DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X MAS ISLAMIYAH YPI BATANGKUIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176191018 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176191018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176191018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176191018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176191018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176191018 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176191018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176191018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176191018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176191018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176191018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks anekdot berbasis meme comic dengan menggunakan multimedia interaktif pada siswa kelas X MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan dari Borg and Gall. Dengan subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi dinyatakan sangat baik dengan total persentase 95.5%, kelayakan penyajian dinyatakan sangat baik dengan total persentase 90.5%, dan kelayakan bahasa dinyatakan sangat baik dengan total persentase 96%. (2) validasi dari ahli desain dengan kriteria cukup baik dengan total persentase 78.12%. (3) respon atau tanggapan yang diberikan oleh guru bahasa Indonesia terhadap bahan ajar berbentuk media teks anekdot berbasis meme comic dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 86.7%. (4) uji coba perorangan dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 83.3%. (5) uji coba kecil dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 87.8%. (6) uji coba lapanan terbatas dinyatakan baik dengan total persentasi skor rata-rata sebesar 86.6%. Hasil perolehan rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks anekdot berbasis meme comic sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan cukup baik dengan skor rata-rata 71.23% sedangkan hasil perolehan rata-rata setelah menggunakan bahan ajar dinyatakan baik dengan skor rata-rata 80.83%. selisih yang diperoleh 9.6% dari sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks anekdot berbasis meme comic meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196710011994021001
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman196707181993101001
Call Number: 817 Nas p
Keywords: Bahan ajar, teks anekdot, meme comic , multimedia interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4001 Oratory. Elocution, etc.
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36669

Actions (login required)

View Item View Item