PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR PADA SISWA SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

SYAHFITRI, EVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR PADA SISWA SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5132142002 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5132142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5132142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5132142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5132142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5132142002 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5132142002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5132142002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5132142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5132142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry pada pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada pelajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 56,3 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung cukup sebesar 50,0 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan nilai X2hitung < X2tabel = (5,64 < 11,07). dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori X2hitung < X2tabel = (4,95 < 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1,04 dan Ftabel = 1,85. Maka dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel = (1,04 < 1,85) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dan data hasil belajar yang. menggunakan model pembelajaran ekspositori adalah homogen. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model. pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar Boga Dasar thitung > ttabel (2,767 > 1,670) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Inquiry. berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPangaribuan, LinaNIDN0003095504
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BOGA 042
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Boga Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36536

Actions (login required)

View Item View Item