PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REALITAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Tanjung, Nuraini (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REALITAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1151151024_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1151151024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1151151024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1151151024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1151151024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1151151024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1151151024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1151151024_BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1151151024_BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1151151024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII-8 di SMP Negeri 27 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Realitas Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VII-8 yang tingkat kesulitan belajarnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala kesulitan belajar. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 62,125 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 107,8. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 30 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 30 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, NurainiNIDN0020065907
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BK 060
Keywords: Konseling Kelompok Teknik Realitas, Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36533

Actions (login required)

View Item View Item