PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI POKOK GELOMBANG CAHAYA PADA KELAS XI SEMESTERE II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2018/2019

Fernando, Richo (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI POKOK GELOMBANG CAHAYA PADA KELAS XI SEMESTERE II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153121051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153121051 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153121051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153121051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153121051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153121051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153121051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153121051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153121051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153121051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153121051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153121051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153121051 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153121051 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153121051 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153121051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153121051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153121051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153121051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153121051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153121051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153121051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa materi pokok gelombang cahaya pada kelas XI semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET dan kelas kontrol dengan penerapan pebelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains siswa dalam bentuk essay, dan lembar aktivitas keterampilan proses sains siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 38,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,31. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung= 0,0576,ttabel= 1,996, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,33 dan kelas kontrol diperoleh nilai rat,a-rata 70,60. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung= 8,48 ,ttabel= 1,668. Karena thitung>ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa meteri pokok gelombang cahaya pada kelas XI semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 234
Keywords: Model Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Media PhET; Keterampilan Proses Sains Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:19
Last Modified: 06 May 2020 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36402

Actions (login required)

View Item
View Item