PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

Maryono (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166175014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166175014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8166175014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8166175014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166175014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166175014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156175014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156175014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166175014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166175014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166175014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166175014 TABLES.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166175014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166175014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166175014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166175014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166175014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166175014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166175014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166175014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166175014 BIBLIOGRHAPI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166175014 BIBLIOGRHAPI.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Jawa dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains
dan Self efficacy Peserta Didik dengan menerapkan perangkat pembelajaran
melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa. Penelitian ini
merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D
meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan
di sekolah MAS PAB 2 Helvetia dengan sampel sebanyak 38 Peserta Didik di
kelas XI- MIA 1. Instrumen dan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
validasi perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKS),
lembar validasi instrumen keterampilan generik sains dan Self efficacy Peserta
Didik, lembar penilaian kepraktisan pembelajaran, lembar keefektifan
pembelajaran, instrumen aktivitas belajar, instrumen keterampilan generik sains
dan angket Self efficacy Peserta Didik. Peningkatan keterampilan generik sains
dan Self efficacy Peserta Didik menggunakan analisis dengan uji N-gain. Hasil
penelitian diperoleh bahwa Keterampilan generik sains Peserta Didik setiap
pertemuan mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan terdapat
peningkatan Self efficacy Peserta Didik dengan kategori sedang serta nilai
aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Perangkat
pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa telah
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.71 Mar p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kooperatif berbasis Budaya Jawa, Keterampilan Generik Sains, Self efficacy.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:36
Last Modified: 24 Sep 2019 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item
View Item