PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 SIBOLANGIT

Peranin-angin, Siska Apulina (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 SIBOLANGIT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172061 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166172061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166172061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166172061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166172061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166172061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166172061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166172061 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166172061 TABLES.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166172061 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166172061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166172061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166172061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166172061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166172061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166172061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berkualitas yang valid, praktis, dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan
model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Konteks Budaya Karo (PBMKBK) untuk kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit; 2) Menganalisis peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajarkan dengan
menggunakan perangkat PBM-KBK; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy
siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat PBM-KBK; 4)
Menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri
dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran
yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Buku Siswa (BS), Lembar Aktivitas
Siswa (LAS), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM) dan
Angket Self-efficacy. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) perangkat pembelajaran
berbasis PBM-KBK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau
dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat
PBM-KBK: pada pretest 65,1 dan meningkat pada posttest 81,25; 3) pencapaian
self-efficacy siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat PBM-KBK,
memiliki rata-rata 73,87; 4) pada proses jawaban, jenis kesalahan yang sering
dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah
matematika pada uji coba I adalah kesalahan konsep dan prosedur sedangkan pada
uji coba II kesalahan yang sering terjadi adalah operasi perhitungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.8 Per p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, PBM-KBK, kemampuan pemecahan masalah matematika, self-efficacy siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:25
Last Modified: 24 Sep 2019 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36117

Actions (login required)

View Item
View Item