PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP BUDI MULIA MEDAN

Sari, Mahdalena Elma (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP BUDI MULIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166171024 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166171024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166171024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166171024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166171024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166171024 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166171024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166171024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8166171024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166171024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menemukan bahan ajar yang berkualitas berbasis pendekatan metakognisi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Budi Mulia Medan; 2) Untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi; 3) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-A, Uji coba II dilakukan pada siswa kelas VIII-B, dan pada tahap penyebaran dilakukan pada siswa kelas VIII-C masing-masing sebanyak 25 siswa di SMP Budi Mulia Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh: (1) Bahan ajar memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi; dan (3) Pencapaian kemandirian belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan mencapai kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M.Amin196406291993031001
Thesis advisorAhyaningsih, Faiz196606261997022001
Call Number: 510.71 Sar p
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Model 4D,Pendekatan Metakognisi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36111

Actions (login required)

View Item View Item