PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KEBAHARIAN DI KELAS XI SMK BAHARI HANG TUAH BELAWAN

Ibrahim., PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KEBAHARIAN DI KELAS XI SMK BAHARI HANG TUAH BELAWAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156122012 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 8156122012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156122012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156122012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156122012 TABLES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156122012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8156122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) mengetahui proses pengembangan e-learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Kebaharian di kelas XI SMK Bahari Hang Tuah Belawan; (2) Mengembangkan Web e-learning berbasis moodle pada Mata pelajaran Kebaharian di kelas XI SMK Bahari Hang Tuah Belawan sebagai media pembelajaran; (3) Mengetahui efektivitas e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran Kebaharian di XI SMK Bahari Hang Tuah Belawan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di banding dengan media pembelajaran powerpoint. Penelitian ini dilakukan di SMKS Bahari Hang Tuah Belawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah model pengembangan Bord dan Gall dengan desain pembelajaran Model Dick dan Carey, meliputi: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software, pengumpulan bahan, membuat dan memproduksi produk, uji lapangan produk,dan uji keefektifan produk. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI. Untuk pengembangan produk menggunakan 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli perangkat lunak, 3 orang siswa uji coba satu-satu, dan 9 orang siswa kelas kelompok kecil. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (6,07 > 1,99) yang menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan berarti antara hasil belajar kebaharian siswa yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis Moodle dengan rata-rata hasil belajar Kebaharian siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dapat diterima dan teruji kebenarannya. Keefektifan e-learning berbasis moodle sebesar 90,25% dan keefektifan pembelajaran dengan powerpoint sebesar 79,5%. Dengan demikian nilai keefektifan e-learning berbasis moodle lebih tinggi dari nilai keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint yaitu sebesar 10,75%. Hasil penelitian menyarankan guru untuk membuat dan menggunakan e-learning berbasis moodle untuk pembelajaran kebaharian sesuai tuntutan kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 371.3 Lbr p
Keywords: E-learning berbasis moodle, Mata pelajaran Kebaharian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36094

Actions (login required)

View Item View Item