Pengarapenta, Riska Putri (2019) PENGEMBANGAN MODEL KEGIATAN BERMAIN AIR BERBASIS PENGETAHUAN UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 8166182044 COVER.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 8166182044 PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 8166182044 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 8166182044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 8166182044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 8166182044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 8166182044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 8166182044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM. 8166182044 BAB I.pdf - Published Version Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 8166182044 BAB V.pdf - Published Version Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM. 8166182044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan model kegiatan bermain air berbasis pengetahuan dalam melatih motorik halus anak usia 3-4 tahun didasarkan pada indikator kemampuan motorik halus anak dan (2) untuk mengukur kelayakan model kegiatan bermain air berbasis pengetahuan dalam melatih motorik halus anak usia 3-4 tahun yang diukur berdasarkan aktivitas anak bermain dan respon anak terhadap kegiatan bermain air. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) Borg dan Gall (1987) yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk. Melalui penelitian dan pengembangan dikembangkan sebuah produk model kegiatan bermain air yang layak dan efektif digunakan untuk melatih motorik halus anak usia 3 – 4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang dikategorikan memiliki kemampuan motorik halus anak sebanyak 21 orang (84%) sedangkan yang tidak memiliki kemampuan motorik halus sebanyak 4 orang (16%). Berdasarkan hasil perolehan ini maka secara kelompok (klasikal) dapat dikatakan bahwa anak telah memiliki kemampuan motorik halus. Hasil penelitian tentang aktivitas anak diperoleh rata-rata persentase waktu aktivitas anak berada pada interval kriteria batasan keefektifan, dengan demikiandapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain air berbasis pengetahuan layak digunakan untuk melatih motorik halus anak ditinjau dari segi aktivitas anak dalam bermain. Hasil penelitian tentang respon anak terhadap kegiatan bermain menunjukkan seluruh indikator keefektifan respon anak berada di atas 80% dan demikian dapat dikatakan bahwa semua aspek mendapat respon positif dari anak. Hal ini berarti, jika ditinjau dari respon anak maka pelaksanaan kegiatan bermain air dikatakan layak untuk melatih kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 372.21 Pen p | |||||||||
Keywords: | Model Kegiatan Bermain Air Berbasis Pengetahuan, Motorik Halus Anak | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar | |||||||||
Depositing User: | Mr Maknun | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2019 05:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |