PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 060925 SUDIREJO

Ginting, Susanna (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 060925 SUDIREJO. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166181035 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166181035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166181035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166181035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166181035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166181035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166181035 TABLE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166181035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8166181035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166181035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video yang layak dengan pendekatan scientific dan mengetahui efektivitas pengembangan media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060925 Sudirejo yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Lembar Validasi Ahli, (2) Angket Respon Siswa, (3) Tes Hasil Belajar Siswa. Media pembelajaran berbasis video pada subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku secara keseluruhan dinyatakan sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 3,7, ahli media sebesar 3,6, dan ahli desain grafis sebesar 3,6. Hasil belajar siswa pada tahap uji coba diperoleh rata-rata hasil pretes sebesar 56,72 dan hasil postes siswa memperoleh rata-rata sebesar 89,13. Keefektifan media pembelajaran berbasis video diperoleh rata-rata sebesar 89,13% dan rata-rata keefektifan pembelajaran menggunakan media power point sebesar 72,24%. Nilai keefektifan media pembelajaran berbasis video lebih tinggi dari nilai keefektifan media pembelajaran power point yaitu sebesar 16,89%.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragi, Sahat196411071991031010
Thesis advisorLubis, Widansyah195811111986011001
Call Number: 371.3 Gin p
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, pendekatan scientific, keragaman budaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL624 Religious life
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item