PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

SIJABAT, AGAVE CHINTYA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4153341002. COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4153341002. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4153341002. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4153341002. PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4153341002. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4153341002. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4153341002. TABLES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4153341002. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4153341002. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4153341002. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4153341002. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis guided discovery pada materi perubahan lingkungan yang valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini didesain menggunakan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan et al yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengembangan lembar kerja ini divalidasi oleh dua dosen ahli materi, dua dosen ahli strategi pembelajaran, dua dosen ahli desain grafis dan selanjutnya diberikan tanggapan oleh dua guru bidang studi biologi dan peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 17 Medan. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan LKPD berbasis guided discovery pada materi perubahan lingkungan oleh tim validator mendapatkan kategori sangat layak. Pada penilaian tanggapan oleh guru bidang studi biologi, LKPD berbasis guided discovery pada materi perubahan lingkungan mendapat kategori sangat baik, dan pada penilaian tanggapan oleh peserta didik mendapat kategori baik. Hasil analisis uji efektivitas menggunakan uji t yang kemudian dilanjutkan dengan uji N-gain. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dengan nilai postes dan penggunaan LKPD berbasis guided discovery pada materi perubahan lingkungan, berdasarkan skor N-gain menunjukkan keefektifan dengan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binarinidn0004046411
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BIO 205
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Guided Discovery; Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.75 Agriculture and the environment
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Sep 2019 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36049

Actions (login required)

View Item View Item