PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MADRASAH ALIYAH PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN

Prayogi, Ayyub JW (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MADRASAH ALIYAH PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166174002 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166174002 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166174002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166174002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166174002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166174002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166174002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166174002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166174002 Bab I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166174002 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166174002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery dan STAD terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis; (2) keterampilan proses sains; (3) sikap ilmiah siswa di kelas X MAPN 4 Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-1 dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery, kelas X-3 dibelajarkan dengan model STAD dan kelas X-2 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian menggunakan instrument tes hasil kemampuan berpikir kritis, instrument keterampilan proses sains dengan menggunakan tes essay, dan instrument sikap ilmiah siswa dengan menggunakan angket. Kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah dianalisis teknik analisis Anava pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Discovery, STAD dan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F= 3,806; P= 0,025). (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Discovery, STAD dan tradisional terhadap keterampilan proses sains (F= 16,576; P= 0,000). (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Discovery, STAD dan tradisional terhadap sikap ilmiah siswa (F= 26,865; P= 0,000). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Guided Discovery dan STAD pada materi pencemaran lingkungan dalam upaya meningkatkan hasil kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDjulia, Ely196604241991032012
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 577.9 Pra p
Keywords: Pembelajaran Guided Discovery, STAD, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36037

Actions (login required)

View Item View Item