ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMP IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Lubantoabaing, Agustina Margaret (2019) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMP IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156142019 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156142019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156142019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156142019 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156142019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156142019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156142019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156142019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang IPA. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan dan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil analisis tingkat kelayakan penuntun praktikum IPA Terpadu yang terintegrasi dengan model inkuiri terbimbing dan pendidikan karakter (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah (3) mengetahui hubungan antara karakter dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum yang telah dikembangkan (4) mengetahui nilai keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi daripada nilai keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah. Berdasarkan hasil uji kelayakan isi penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 4,10 dengan kriteria layak. Hasil uji kelayakan bahasa penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 4,05 dengan kriteria layak. Hasil uji kelayakan penyajian penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 4,12 dengan kriteria layak dan hasil uji kegrafikaan penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 4,03 dengan kriteria layak untuk digunakan. Hasil data pada Independent Sample T-Test sebesar 0,001< 0,05, yang menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah. Uji hubungan antara karakter dengan hasil belajar siswa dengan regresi linear sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,851 yang berarti bahwa karakter memberikan kontribusi sebesar 92,3% yang berarti mempunyai hubungan sangat kuat terhadap hasil belajar. Nilai keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi daripada nilai keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah yang diperoleh dari uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung > ttabel (3,215 > 1,665)

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorNurfajriani, 196709022005022004
Call Number: 542.1 Tob a
Keywords: Penuntun Praktikum, IPA, Inkuiri Terbimbing, Pendidikan Karakter, Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36035

Actions (login required)

View Item View Item