ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMP IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Lubantoabaing, Agustina Margaret (2019) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMP IPA TERPADU KELAS VII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156142019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156142019 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156142019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156142019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156142019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156142019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156142019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156142019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156142019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156142019 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156142019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156142019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156142019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156142019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156142019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156142019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156142019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156142019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156142019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang IPA.
Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan dan eksperimen. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil analisis tingkat kelayakan penuntun
praktikum IPA Terpadu yang terintegrasi dengan model inkuiri terbimbing dan pendidikan
karakter (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum
yang dikembangkan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan penuntun praktikum
sekolah (3) mengetahui hubungan antara karakter dengan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan penuntun praktikum yang telah dikembangkan (4) mengetahui nilai
keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi
daripada nilai keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah.
Berdasarkan hasil uji kelayakan isi penuntun praktikum yang dikembangkan sebesar 4,10
dengan kriteria layak. Hasil uji kelayakan bahasa penuntun praktikum yang dikembangkan
sebesar 4,05 dengan kriteria layak. Hasil uji kelayakan penyajian penuntun praktikum yang
dikembangkan sebesar 4,12 dengan kriteria layak dan hasil uji kegrafikaan penuntun
praktikum yang dikembangkan sebesar 4,03 dengan kriteria layak untuk digunakan. Hasil
data pada Independent Sample T-Test sebesar 0,001< 0,05, yang menyimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum
yang dikembangkan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun
praktikum sekolah. Uji hubungan antara karakter dengan hasil belajar siswa dengan regresi
linear sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dengan nilai koefisien determinasi sebesar
0,851 yang berarti bahwa karakter memberikan kontribusi sebesar 92,3% yang berarti
mempunyai hubungan sangat kuat terhadap hasil belajar. Nilai keterampilan siswa yang
menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi daripada nilai
keterampilan siswa yang menggunakan penuntun praktikum sekolah yang diperoleh dari uji
Independent Sample T-Test dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung >
ttabel (3,215 > 1,665)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 542.1 Tob a
Uncontrolled Keywords: Penuntun Praktikum, IPA, Inkuiri Terbimbing, Pendidikan Karakter, Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:44
Last Modified: 17 Sep 2019 05:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36035

Actions (login required)

View Item
View Item