PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK KARBOHIDRAT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Nur'aini, (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA INSPIRE TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK KARBOHIDRAT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176141006 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176141006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176141006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang digunakan di Program Studi Agroteknologi pada topik karbohidrat berdasarkan standar SNPT terintegrasi media komputer interaktif dan Problem Based Learning (PBL), untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia yang telah dikembangkan menggunakan Lectora Inspire Terintegrasi PBL pada topik karbohidrat berdasarkan standard kelayakan yang sama, untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pada topik karbohidrat yang telah dikembangkan dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran yang digunakan di Program studi Agroteknologi, dan untuk mengetahui hubungan positif antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II yang mengambil mata kuliah biokimia di Program Studi Agroteknologi UMA. Sampel mahasiswa dalam penelitian ini diambil secara total sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Pengembangan multimedia lectora inspire terintegrasi PBL diterapkan di kelas eksperimen II dan media pembelajaran yang beredar Program Studi Agroteknologi terintegrasi PBL diterapkan di kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran yang digunakan di prodi Agroteknologi pada topik karbohidrat layak digunakan tapi perlu dikembangkan; (2) multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Lectora Inspire terintegrasi PBL pada topik karbohidrat sangat layak digunakan berdasarkan standar SNPT terintegrasi media komputer interaktif dan PBL (3,75; 3,48; dan 3,38); (3) peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen I berbeda dengan kelas eksperimen II (0,74 > 0,64); (4) motivasi belajar mahasiswa di kelas eksperimen I berbeda dengan kelas eksperimen II (83,53 > 66,50); (5) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada topik karbohidrat, dimana hubungan di kelas eksperimen I (r = 0,481) lebih baik daripada di kelas eksperimen II (r = 0.420).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 547.7 Nur p
Keywords: agroteknologi, karbohidrat, lectora inspire, multimedia, problem based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36032

Actions (login required)

View Item View Item