ANALISIS PERTANYAAN SISWA MENERAPKAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM KLASIFIKASI MARBACH PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Sari, Rizky Noprita (2012) ANALISIS PERTANYAAN SISWA MENERAPKAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM KLASIFIKASI MARBACH PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106174014 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 Bab I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 Bab V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106174014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pertanyaan siswa dalam tingkatan taksonomi Marbach yang disampaikan secara lisan dan tulisan melalui proses pembelajaran pokok bahasan Sistem Reproduksi Manusia dikaitkan dengan gender dan topik pertanyaan kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian 4 kelas sebanyak 176 orang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Dalam penggolongan pertanyaan dalam taksonomi Marbach menunjukkan hasil penelitian bahwa pertanyaan tipe 2 (pertanyaan tugas yaitu mengenai definisi yang sederhana, konsep, fakta) ada sebanyak 53%, diikuti oleh tipe 3 (pertanyaan pemberitahuan yaitu pertanyaan yang menanyakan suatu fungsi atau penjelasan yang berevolusi) mencapai 23%, tipe 1 (pertanyaan dibuat-buat) dan tipe 4 (pertanyaan campur tangan yaitu pertanyaan yang dihasilkan dari kesimpulan, suatu paradoks, dan teka-teki) dijumpai sebanyak 7%. Topik pertanyaan didominasi oleh fertilisasi, kehamilan dan ASI sebanyak 45,6%. Jenis pertanyaan tulisan yang diajukan oleh siswa yaitu siswa perempuan menggunakan tipe 2 (58,33%), tipe 3 (28,78%), tipe 1 (6,81%) dan tipe 4 (0,75%). Topik pertanyaan tulisan siswa perempuan di dominasi oleh pertanyaan tentang fertillisasi, kehamilan, dan ASI (43,93%). Sementara pertanyaan tulisan yang diajukan oleh siswa laki-laki menggunakan pertanyaan tipe 2 (74,4%), tipe 3 (14,44%), tipe 1 (7,77%) dan tipe 4 (3,3%). Topik pertanyaan siswa laki-laki didominasi oleh pertanyaan tentang kelainan dan penyakit (30%). Tidak ada keterkaitan antara tipe pertanyaan dengan gender siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDHasruddin, -196404241989031007
UNSPECIFIEDSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: 574.071 Sar a
Keywords: Bertanya; Klasifikasi pertanyaan; Marbach; Taksonomi; Sistem reproduksi; Pembelajaran biologi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3603

Actions (login required)

View Item View Item