PENGEMBANGAN PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM IPA TERPADU TERINTEGRASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK KELAS VII SEMESTER I

Hutahaean, Fretty Nafratilova (2019) PENGEMBANGAN PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM IPA TERPADU TERINTEGRASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK KELAS VII SEMESTER I. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.8156142022 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.8156142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.8156142022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.8156142022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.8156142022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.8156142022 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.8156142022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.8156142022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 8156142022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.8156142022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.8156142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum yang digunakan di sekolah, serta kesesuaian KIT praktikum IPA terpadu yang dikembangkan, mengetahui persentase peningkatan KPS dengan menggunakan penuntun praktikum dan KIT yang dikembangkan, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan penuntun dan KIT praktikum, mengetahui respon siswa terhadap penuntun dan KIT praktikum yang dikembangkan. Sampel dalam penilitian ini adalah 2 buku penuntun praktikum IPA terpadu dengan penerbit yang berbeda untuk kelas VII SMP/MTS Semester I. penuntun praktikum yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 dosen ahli program studi kimia dan biologi Pasca sarjana Universitas Negeri Medan dan 4 guru bidang studi IPA, dan diuji coba kan kepada 2 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah : 1) lembar uji kelayakan penuntun berdasarkan BSNP; 2) lembar uji kelayakan KIT praktikum berdasarkan Kemendikbud 3) Tes hasil belajar siswa; 4) lembar observasi keterampilan proses sains siswa; 5) angket respon siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan SPPS 20 for window melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil analisis tingkat kelayakan penuntun praktikum IPA terpadu yang digunakan disekolah dari dua penerbit yang berbeda memiliki nilai rata-rata 2,85 dengan kategori layak, namun ada beberapa komponen dari penuntun yang perlu dilakukan pengembangan. (2) hasil angket Kemendikbud KIT praktikum yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu (3) hasil keterampilan proses sains siswa dengan mendapatkan persentase 82,1% dengan kategori baik. (4) Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun dan KIT praktikum IPA terpadu terintegrasi model inkuiri terbimbing berbasis keterampilan proses sains yaitu (thitung > ttabel , 4.801 > 1,672) . (5) Respon siswa terhadap penuntun dan KIT praktikum yang dikembangkan menunjukkan respon positif 96,77% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 542.1 Hut p
Keywords: Penuntun praktikum, KIT praktikum, model inkuiri terbimbing, keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36029

Actions (login required)

View Item View Item