PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN

Rambe, Refiansyah Habibie (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166191011 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166191011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166191011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166191011 AKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166191011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166191011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166191011 LIST OF APPENDIXCES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166191011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8166191011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166191011 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis kontekstual pada siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiono merujuk pada model Borg &Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 91,48% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 94,00% pada kriteria sangat baik, dan aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata 93,75% pada kriteria sangat baik, (2) Validasi ahli desain pada aspek kegrafikaan dengan rata-rata 90,00% pada kriteria sangat baik, (3) Respon guru dengan rata-rata 86,67% pada kriteria baik, (4) Uji coba perorangan dengan rata-rata 85,04% pada kriteria baik, (5) Uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 86,26% pada kriteria baik, (6) Uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 94,85% pada kriteria sangat baik. Selisih yang diperoleh sebesar 10,72% dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksposisi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis kontekstual. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami teks eksposisi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Call Number: 411 Ram p
Keywords: Implikasi Penelitian : bahan ajar, menulis teks eksposisi, kontekstual, modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35966

Actions (login required)

View Item View Item