EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Arifin, Nisydanul (2019) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146142025 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146142025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146142025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146142025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146142025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146142025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146142025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146142025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146142025 BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146142025 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146142025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) dengan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMA pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposive. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrument tes berupa soal essay untuk mengetahui hasil belajar dan instrument non-test berupa lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji korelasi dengan program SPSS 21 For Windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) lebih efektif dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) tanpa Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3); (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL dengan metode PS3 lebih efektif dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL tanpa metode PS3; (3) Ada korelasi positif antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL dengan Metode PS3; dan (4) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan menerapkan PS3 memiliki kriteria: kemampuan menganalisa soal sebesar 94,00% kategori sangat tinggi, kemampuan membuat rencana penyelesaian soal sebesar 78,89% kategori tinggi, kemampuan menyelesaikan soal sebesar 61,67% kategori sedang, dan kemampuan menginterpretasi (memeriksa) kembali sebesar 62,33% kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutabarat, Werly195107201977101001
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 540.711 Ari e
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Penyelesaian Soal Secara Sistematis PS3, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat Koligatif Larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35933

Actions (login required)

View Item View Item