PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LITERASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 014727 PERUPUK

Hasanah, Mar'atun (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LITERASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 014727 PERUPUK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Diagram.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) hasil PISA pada tahun 2015 kompetensi membaca siswa Indonesia belum menunjukkan peningkatan yang memperoleh poin 397 dari tahun 2012 yang memperoleh poin 396 (2) studi pendahuluan yang dilakukan di SD Negeri 014727 Perupuk bahwa pada bahan ajar pada subtema “Bangga terhadap daerah tempat tinggalku” tidak sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa. Isi pembelajaran pada kompetensi tersebut bermuatan kearifan nasional dan tidak mengangkat kearifan lokal. Bahan ajar yang digunakan adalah bahan ajar yang diperoleh dari para penyalur buku yang sering datang ke sekolah dan tidak dikembangkan sendiri sehingga hal ini berdampak pada tidak relevannya materi yang disajikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses pengembangan bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 014727 Perupuk, (2) kelayakan bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 014727 Perupuk dan (3) keefektifan bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 014727 Perupuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan tes keterampilan membaca. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 014727 Perupuk yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar membaca meliputi 5 langkah yaitu: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (penilaian), (2) bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal layak digunakan, (3) bahan ajar membaca berbasis literasi bermuatan kearifan lokal efektif digunakan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman196710011994021001
Thesis advisorEviyanti, Evi196501031993032001
Call Number: 372.6 Has p
Keywords: Bahan Ajar, Membaca, Literasi, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item View Item