PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MEDIA BONEKA PADA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA T.P 2018/2019

Hayati, Syafita Sri (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MEDIA BONEKA PADA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA T.P 2018/2019. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166181037 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166181037 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166181037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166181037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166181037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166181037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166181037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166181037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166181037 BAB V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166181037DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran tematis berbasis media boneka pada subtema Hebatnya Cita-Citaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model prototipe yang telah dikembangkan Nieveen yang terdiri dari penelitian pendahuluan, tahap prototyping, dan tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara yang berjumlah 37 orang dan objek penelitian adalah model pembelajaran tematik berbasis media. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, observasi, angket siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan. (2) model pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektif dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal. (3) adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah tes diberikan pada uji coba I sebesar 78,81% dan uji coba II sebesar 90,49% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran tematik berbasis media boneka sebagai alternatif model pembelajaran tematik di kelas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHajar, Ibnu196305201987031004
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Call Number: 372.5 Hay p
Keywords: Pembelajaran tematik, media boneka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35913

Actions (login required)

View Item View Item