PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATE MATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Sitepu, Rina Ananta S (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATE MATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166171035 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166171035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166171035 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM. 8166171035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan (4) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dick and carey. Dimana tahapan penelitian ini terdiri dari 10 tahapan. Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran dan instrumen yaitu: RPP, LKPD, buku petunjuk guru, buku peserta didik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas X IPA sebanyak 26 orang dan X IPS sebanyak 26 orang di SMA Palapa Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid; (2) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu perangkat pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, peserta didik memberi respon positif terhadap perangkat pembelajaran, dan guru memberi respon baik terhadap perangkat pembelajaran; (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketercapaian klasikal mencapai 96,15%, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata 4,24 berkategori baik dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa; dan (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dilihat dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 13,07 poin, peningkatan ketercapain klasikal sebesar19,23%, dan peningkatan rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis untuk keempat indikator yaitu masing-masing sebesar 5,38; 13,06; 18,75; dan 22,84 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Thesis advisorRangkuti, Yulita Molliq197601222009122001
Call Number: 510.71 Sit p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran penemuan Terbimbing, Pemecahan MasalahMatematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35904

Actions (login required)

View Item View Item