PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL

Ruhdiani, - (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188730056 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 BAB I.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188730056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah peningkatankemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Ekspositori.(2) apakah sikap siswa terhadap matematika yang pembelajarannyamenggunakan pendekatan CTLlebih baik daripada sikap siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Ekspositori (3)bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL dengan pembelajarannya menggunakan pendekatan ekspositori. (4) pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Takengon dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Bukityang terakreditasi B.Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari:(1)tes kemampuan pemahaman dengan materi operasi hitung bilangan (2) angket skala sikap (3) lembar observasi aktivitas siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t dan Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)peningkatan kemampuan pemahaman siswaantara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan kontekstual lebih baikdaripada denganpembelajaran ekspositori.(2) sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstuallebih baik dibandingkan dengan sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaranekspositori. Perbedaan rata-rata sikap siswa terhadap matematika kelas eksperimen sebesar 59,56 sedangkan kelas kontrol sebesar 51,18. (3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih aktif daripada aktivitas siswa selama proses pembelajaranyang pembelajarannya menggunakan pembelajaranekspositori. (4) Proses jawaban siswa padapembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada proses jawaban siswa pada pembelajaran dengan ekspositori.Berdasarkan hasil penelitian ini,peneliti menyarankan agar pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan sikap siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSaragih, Sahat196102051988031003
UNSPECIFIEDAsmin, -195708041985031002
Call Number: 510.071 Ruh p
Keywords: Belajar; Matematika; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3590

Actions (login required)

View Item View Item