PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

PAKPAHAN, MELPARIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143141057 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143141057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143141057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143141057 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143141057 TABLE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143141057 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143141057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis audioviasual terhadap hasil belajar siswa ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangaribuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Pangaribuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X – IPS 1 dan X – IPS 2 masing-masing dari tiap kelas berjumlah 30 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan test berupa pilihan ganda dengan perlakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis audiovisual di kelas X-IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol. Uji validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus product moment dan uji realibilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Kruder- Richardison 20 (KR 20). Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen 81,5 dengan standar deviasi 9,92 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 70,83 dengan standar deviasi 9,38. Berdasarkan uji hipotesis taraf kepercayaan signifikan 95% dan alpha 5% diperoleh thitung > ttabel atau 4,515 > 1,661 sehingga hasil hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis audiovisual lebih tinggi dan signifikan dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbasis audiovisual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Ajaran 2017/2018 pada pokok bahasan Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Drs. Saut M Silaban,SE., M.Pd195608141980111001
Call Number: SK-2018 EKO 017
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUDIOVISUAL; HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item