PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

NISA, KHOERUN (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143141044 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143141044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143141044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143141044 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143141044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143141044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas x SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan IPS-2 yang berjumlah 72 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling dimana sampelnya berjumlah 72 orang. Data status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan data prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari Daftar Kumulatif Nilai. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis digunakan rumus analisis regresi berganda, uji parsial/uji-t, uji simultan/uji F, dan uji koefisien determinasi. Bedasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0 diperoleh persamaan Y = 25,816 + 0,571 X1 + 0,167 X2 + e, selanjutnya variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (10,174 > 1,669) dan nilai sig (0,00 < 0,05). Sedangkan lingkungan sekolah (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,069>1,669) dan nilai sig (0,042<0,05).Secara bersamasama status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Presentase sumbangan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 81,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah berpengaruh postitif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Arwansyah196307121989031002
Call Number: SK-2018 EKO 025
Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item