ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

ANDINI, FARADILLA DWI (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4141131017 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4141131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4141131017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4141131017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4141131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4141131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4141131017 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4141131017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4141131017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4141131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gain hasil belajar, perbedaan gain hasil belajar dan aktivitas siswa, serta hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Macromedia Flash dan PowerPoint pada materi Larutan Penyangga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposif. Kelas eksperimen I, yaitu kelas XI Mia-1 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Macromedia Flash, sedangkan kelas eksperimen II, yaitu kelas XI Mia-2 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media PowerPoint. Hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I menunjukkan thitung > ttabel (31,741 > 1,6957), berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I. Hasil analisis peningkatan hasil belajar kelas eksperimen II menunjukkan thitung > ttabel (32,614 > 1,6996), berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II. Hasil analisis perbedaan peningkatan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,1 > 1,999), berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II. Hasil analisis perbedaan aktivitas menunjukkan thitung > ttabel (2,25 > 1,999), berarti terdapat perbedaan aktivitas siswa kelas eksperimen I dan aktivitas siswa kelas eksperimen II. Analisis hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen I menunjukkan rhitung > rtabel (0,51 > 0,349), berarti terdapat hubungan yang positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen I. Analisis hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen II menunjukkan rhitung > rtabel (0,418 > 0,344), berarti terdapat hubungan yang positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorM.Si, Drs. JASMIDI196511041991031002
Call Number: SK-2018 KIM 053
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, MACROMEDIA FLASH, POWERPOINT, HASIL BELAJAR, DAN AKTIVITAS SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item View Item