PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

SIREGAR, ERAYANTI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4141131013 COVER. Pdf.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4141131013 APPROVAL SHEET. Pdf.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4141131013 ABSTRACT.Pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4141131013 PREFACE.Pdf.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4141131013 TABLE OF CONTENT. Pdf.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4141131013 TABLES. Pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4141131013 ILLUSTRATION. Pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4141131013 APPENDICES. Pdf.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4141131013 CHAPTER I. Pdf.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4141131013 CHAPTER V. Pdf.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4141131013 BIBLIOGRAPHY.Pdf.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Inkuiri Terbimbing dengan media Lembar Kerja Siswa terhadap hasil belajar dan kemampuan proses sains siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam pada pokok bahasan hidrolisis garam. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t-dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji t-dua pihak untuk rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I diperoleh sebesar 70,33 dan kelas eksperimen II sebesar 78,5. Rata-rata keterampilan proses sains siswa diperoleh pada kelas eksperimen I sebesar 76 dan kelas eksperimen II sebesar 82. Untuk uji korelasi antara hasil belajar siswa dengan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen I diperoleh rhitung> rtabel (0,55 > 0,361). Berdasarkan hasil analisis data, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing. 2) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing, 3) ada hubungan antara keterampilan proses sains siswa dengan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Lerning(PBL) dan inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUWITANINGSIH, TITA196503041990032003
Call Number: SK-2018 KIM 064
Keywords: PBL, INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34861

Actions (login required)

View Item View Item