PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2017/2018

SIMBOLON, BUTET NATARIA (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143141014 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143141014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143141014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143141014 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143141014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143141014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang berjumlah 110 dan sampel berjumlah 44 orang. Instrument yang digunaan untuk mengukur perhatian orangtua dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen untuk variabel prestasi belajar. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Realiabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas, untuk variabel X1 angket berjumlah 25 soal dan X2 berjumlah 23 soal. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,907 > 0,361 (rhitung > rtabel) dengan signifikan 0,000<0,05 untuk penggunaan perhatian orangtua dan 0,856 > 0,361 (rhitung > rtabel) dengan signifikan 0,000<0,05 untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linier Y = 8,622+0,481X1+0,407X2+e. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara perhatian orangtua terhadap prestasi belajar sebesar 12,046>1,682 (thitung>ttabel) dan ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 8,250>1,682 (thitung>ttabel) dan untuk uji F diperoleh Fhitung>Ftabel (918,773>3,23) dengan signifikan 0,000<0,05, maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, MuhammadNIDN1961081519870310001
Call Number: SK-2018 EKO 045
Keywords: Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34771

Actions (login required)

View Item View Item