PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 MEDAN

ASRINA, MIFTAH (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 7143341045 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 7143341045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 7143341045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 7143341045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 7143341045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 7143341045 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 7143341045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 7143341045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7143341045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7143341045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Miftah Asrina. Nim 7143341045. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Persepsi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Medan. Skripsi : Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan kurang optimalnya kompetensi professional guru menurut siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Kedua, pengaruh persepsi kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Dan ketiga, pengaruh motivasi belajar siswa dan persepsi kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 110 orang dengan 86 orang sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini yaitu: Y = 35,217 + 0,379X1 + 0.143X2 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui melalui pengujian hipotesis dengan perolehan nilai thitung motivasi belajar (X1) adalah sebesar 6,247 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Persepsi kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai thitung sebesar 2,623 dan nilai signifikansi sebesar 0,010. Motivasi belajar siswa dan persepsi kompetensi professional guru secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada ata pelajaran Ekonomi dengan nilai fhitung sebesar 88,866. Koefisien determinasinya (R2) yaitu sebesar 0,682 yang artinya adalah sebesar 68,2 % kedua variabel ini mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArwansyah, Arwansyah196307121989031002
Call Number: SK-2018 EKO 047
Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34758

Actions (login required)

View Item View Item