PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MANIK, KRISTI ADELITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143342021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143342021 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143342021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143342021 PREFACE .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143342021 PREFACE .pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143342021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143342021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143342021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143342021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143342021 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143342021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143342021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143342021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143342021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143342021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143342021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143342021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143342021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143342021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143342021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143342021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model Auditory Intellectualy Repetition di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition.Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil analisis bahwa nilai rata-rata pretest sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah 45 (13,9%) dan pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 58,3% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,64, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II, dimana hasil yang diperoleh di siklus II sebesar 88,9% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari angket motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, melalui penyebaran angket motivasi yaitu pada siklus I dengan rata-rata 50,8 menjadi 68,19 pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada materi Konsep Dasar Akuntansi Pemerintahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 072
Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Auditory Intellectualy Repetition
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:20
Last Modified: 05 Nov 2019 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34162

Actions (login required)

View Item
View Item